Skip to content

Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia Capai 61 Juta

Instagram seperti menjadi platform media sosial yang wajib dimiliki semua orang yang tidak mau ketinggalan informasi. Tidak heran kalau semakin banyak orang yang merasa butuh untuk bergabung ke dalam aplikasi Instagram.

Di Indonesia saja, dilaporkan kini ada lebih dari 61.610.000 pengguna aktif Instagram hingga akhir November 2019. Hal itu dibeberkan oleh perusahaan analis marketing media sosial yang berbasis di Warsawa, Polandia, bernama NapoleonCat.
Dengan total pengguna sebanyak itu, artinya 22,6 persen atau hampir seperempat orang Indonesia adalah pengguna aktif Instagram. Jumlah tersebut naik tipis dari bulan sebelumnya, dengan total pengguna Instagram di Indonesia mencapai 59.840.000.

Dari demografi pengguna Instagram yang dikaji NapoleonCat, perempuan menjadi yang mendominasi populasi tersebut. Tercatat jumlahnya mencapai 50,8 persen, unggul dari pengguna bergender pria yang sebesar 49,2 persen.
Selain itu, pengguna di rentang usia 18-24 tahun menjadi kelompok usia pengguna paling banyak di Indonesia, dengan total persentase 37,3 persen atau sekitar 23 juta pengguna. Dalam rentang usia itu, pengguna Instagram perempuan masih dominan dengan persentase 19,5 persen dibanding laki-laki 17,9 persen.

Di posisi kedua, ada kelompok usia 25-34 dengan persentase 33,9 persen. Bertolak belakang dengan kelompok usia sebelumnya, kategori usia ini justru lebih banyak pengguna pria sebesar 17,9 persen, sementara pengguna perempuan 16,1 persen.

Selain itu, pengguna Instagram di rentang umur 35-44 tahun selisih tipis dengan pengguna Gen Z di umur 13-17 tahun dengan masing-masing 11,4 persen dan 10,6 persen. Kedua segmen juga masih didominasi oleh pengguna perempuan.
Ternyata ada juga pengguna Instagram yang hadir dari kalangan di umur 55-64 tahun hingga 65 tahun ke atas. Pengguna 65 tahun ke atas di Instagram ternyata lebih banyak dengan 1,6 persen, sementara 55-64 tahun hanya 1,1 persen.
Naik turun jumlah pengguna Instagram di Indonesia

Meski menjadi unsur sosial yang paling penting, penggunaan Instagram di Indonesia bisa dibilang naik turun. Jumlah pengguna Instagram sebanyak 61 juta ini bukanlah yang terbanyak di Indonesia. Pasalnya, pada Januari 2019, tercatat ada sebanyak 67.930.000 pengguna di Indonesia.

Angka itu mulai merosot sejak Februari, lalu mencapai titik terendah pada Maret 2019, yakni dengan jumlah pengguna sebanyak 54.520.000. Tidak diketahui apa penyebab anjloknya jumlah pengguna Instagram saat itu, namun angka itu menunjukkan peningkatan lagi setiap bulannya.

Bisa jadi, berbagai isu dan masalah keamanan Instagram sebagai anak perusahaan Facebook menjadi alasannya. Namun hal ini menunjukkan meski diterpa berbagai isu keamanan, masih banyak orang yang memutuskan untuk kembali menggunakan Instagram.

Sumber : Kumparan

Trackbacks

No Trackbacks

Comments

Display comments as Linear | Threaded

No comments

The author does not allow comments to this entry

Add Comment

Enclosing asterisks marks text as bold (*word*), underscore are made via _word_.
Standard emoticons like :-) and ;-) are converted to images.

To prevent automated Bots from commentspamming, please enter the string you see in the image below in the appropriate input box. Your comment will only be submitted if the strings match. Please ensure that your browser supports and accepts cookies, or your comment cannot be verified correctly.
CAPTCHA

Form options