Solusi Waktu yang Cerdas Untuk Mahasiswa “Sibuk”

 

Setiap orang dalam sehari hanya mempunyai waktu yaitu 24 jam. Waktu yang hanya 24 jam itu terasa tidak cukup sampai kapanpun. Ini tidak akan jadi masalah If we can manage our time. Apalagi di tengah padat dan sibuknya kuliah. Banyak mahasiswa khususnya MaBa (Mahasiswa Baru) merasa bahwa kebiasaan dan manajemen waktu yang mereka lakukan sudah memadai dan efisien. Terbukti ketika mereka masih di bangku sekolah, mereka setidaknya tidak pernah merasa kesulitan untuk mendapatkan nilai yang baik. Kemudian seiring berjalannya waktu beberapa diantara mahasiswa akan menyadari bahwa nilai yang diperolehnya sekarang tidaklah secemerlang ketika di bangku sekolah

Meskipun begitu salah satu kenikmatan jadi anak kuliahan yaitu berkurangnya aturan yang mengikat. Mahasiswa tidak harus selalu bangun pagi karena ada beberapa jam kuliah yang lebih siang dari jam sekolah umumnya. Malah ketika kita sudah melewati tahun pertama, kita akan memilih sendiri secara bebas waktu kuliah kita. Tidak hanya itu kita juga bebas memilih mata kuliah apa saja yang ingin kita ambil.

Akan tetapi dengan kebebasan ini, sering sekali mahasiswa kebingungan mengatur waktu. Mendekati waktu deadline tugas dan masa ujian, semua tugas jadi bertumpuk. Tapi bencana itu dapat dihindari dengan kita cerdas mengatur waktu yang hanya 24 jam sehari. Ini lah solusi cerdas yang dapat kita sebagai untuk mahasiswa melakukannya.

 

Cermati Kalender Semester & Pahami Sistem

Begitu masuk kuliah maka akan disodorkaan sejumlah mata kuliah berikut jam-jamnya. Nah mulailah dengan membuat kalender belajar setiap bulannya. Selain mengecek jadwal kuliah harian, Perlu juga mengecek jadwal ujian, jadwal penyerahan tugas, masa liburan. Apalagi untuk mahasiswa yang keluar di luar kota, tanggal merah dalam kalender sangatlah penting untuk mengatur jadwal pulang ke rumah.

Perlu diketahui atmosfer belajar yang mahasiswa hadapi nanti berbeda dengan ketika duduk di bangku sekolah yang dapat menghabiskan waktu belasan jam. Di dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Pahami sistem sks, sistem penilaian dengan IPK, dan jam perkuliahan. Dengan memahami sistem pendidikan tersebut, mahasiswa baru tidak akan kelabakan dengan perubahan sistem belajar tersebut.

 

Membuat dan Membawa Jadwal Kegiatan Kuliah

Nah, mulai sekarang buat dan persiapkan jadwal segala kegiatan yang akan anda lakukan. Taati dan disiplinkan. Saat membuat kalender aturlah supaya ada hari yang lowong sehingga kita tetap bisa menjalankan hobi ataupun beristirahat supaya kita tidak terlalu stress. Dan tetapkan juga ada hari yang kita akan menghabiskan sepanjang hari di kampus yang selain kuliah, karena pada hari itu kita tetapkan untuk mencari bahan-bahan kuliah. Entah itu dari perpustakaan, riset keluar, cari narasumber, survei ataupun hal lainnya.

Penting bagi mahasiswa untuk selalul membawa jadwal yang dimiliki. Mengingat jadwal yang perlu dilakukan kita malah akan melupakn prioritas. Untuk itu perlu mencatat jadwal kegiatan kita, entah itu dibuku ataupun di gadget. Yang terpenting stick on the plan dan semangat menjalani hari anda.

 

Prioritas Per Minggu

Setelah membuat jadwal kegiatan kuliah, setiap minggu kita perlu membuat prioritas mingguan. Ini membuat kita supaya tidak kelabakan dalam mengerjakan tugas per minggu & tugas akhir. Untuk tugas mingguan pastikanya masuk dalam urutan atas sedangkan tugas akhir semester bisa dalam prioritas berikutnya.

 

Hitung Waktu Tiap Mata Kuliah

Setiap mata kulaih mempunya tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Ada yang susah karena emang materinya berat tapi ada juga yang susah karena dosennya pelit angka. Nah, ini perlu kita pikirkan baik-baik. Kalau mata kulaih itu wajib, berarti kita harus menyiapkan waktu lebih banyak utuk belajar dan mengerjakan tugas.

Lebih baik cape 1 semester daripada harus mengulang mata kulaih kan? Kalau mata kuliah pilihan (tidak wajib), kita perlu lihat-lihat lagi. Ambilah mata kuliah yang sulit di hari atau semester yang kita enggak terlalu capek, sehingga kita bisa konsentrasi.

 

Gaul dan Membina Hubungan dengan Senior dan Dosen

Masih berhubungan dengan masalah menghitung waktu setiap mata kuliah, triknya dengan pelajari dari senior dan dosen. Sangatlah penting untuk bergaul dengan mereka. Berhubungan baik dengan dosen bukan berarti menjadi penjilat. Dari senior kita dapat banyak masukan berbagai mata kuliah, termasuk gimana saat prakter kerja atau saat pembuatan tugas akhirnya.

Dari senior juga membantu melancarkan kuliah karena pengalaman senior selama kuliah bisa menjadi pedoman bagi kita mahasiswa baru. kita juga bisa tahu, mana mata kuliah yang sulit dan bagaimana dapat nilainya. Ini bisa menjadi pertimbangan saat memilih mata kuliah. Kalau dari awal kita tahu 1 mata kuliah itu sulit dan tidak wajib untuk diambil, ngapain kita menyulitkan diri sendiri? Ini jelas-jelas untuk penghematan waktu.

Dari dosen kita kan mendapat banyak masukan referensi buku dan masukan ide untuk tugas akhir. Kita juga akan semakin mengenal karakter dia mengajar dan bagaimana pemberian nilai pada tugas & ujian mahasiswa.

 

Tetapkan Tujuan

Ketahuilah apa yang ingin anda capai dalam hidup. Ambil pena dan kertas kemudian tulislah apa yang ingin anda capai dalam 5 tahun kedepan. Menetapkan tujuan untuk diri sendiri memberikan anda arah yang harus dilalui dan perjuangkan serta memotivasi untuk mencapai tujuan tersebut

 

Jangan Malas

Penyakit yang satu ini sering melanda jika sudah banyak tugas yang mendekati deadline dan padatnya jadwal kuliah serta kegiatan organisasi. Namun selama penyakit ini belum melanda berusahalah sedini mungkin untuk selalu menyisihkan waktu ekstra karena akan ada berbagai tugas kuliah selama anda menjadi mahasiswa. Sebab, bagaimanapun tugas utama mahasiswa adalah belajar. Jadi jangan malas untuk pergi kuliah. Banyak kampus yang menerapkan sistem 3 kali tidak masuk disuatu mata kuliah, mahasiswa tidak bisa mengikuti ujian akhir semester. Keadaan tersebut akan membuat mahasiswa tidak bisa lulus matakuliah tersebut. Jadi, malas akan merugikan anda sendiri.

 

Belajar

Dengan sistem belajar mandiri, mahasiswa juga dituntut aktif belajar sendiri diluar jam kuliah. Dengan banyak membaca buku dan jurnal penelitian, mahasiswa bisa dengan mudah mengikuti jalannya perkuliahan. Membaca buku dapat dari sumber cetak maupun onlain. Dengan banyak membaca buku tugas yang diberikan dosen dapat dikerjakan dengan sempurna. Agar sistem belajar anda lebih optimal buatlah catatan kelas, pelajari dengan matang, lakukan tes sendiri untuk mengetahui seberapa paham dengan materi tersebut.

 

Hindari Gangguan yang Dapat Mempengaruhi Semangat Belajar

Hal yang bisa menggangu konsentrasi belajar seperti sms, telepon, tv usahakan dijauhkan dari jangkauan ketika sedang belajar. Belajar dan menonton televisi secara bersamaan hanyalah membuang waktu. Gangguan terhadap belajar akan menurunkan semangat belajar yang kelamaan akan membuat malas belajar.

 

Berteman dengan Sekitar

Memasuki dunia perkuliahan berarti juga memasuki kesempatan besar untuk berhubngan dengan banyak orang. Berkenalan dan bertemanlah dengan orang-orang baru. Terkadang berteman dengan sekitar untuk menghilangkan stress dari belajar yang terus menerus.

Inilah solusi cerdas untuk menggunakan waktu secara efisien. Semoga bermanfaat kepada para pembaca khususnya bagi mahasiswa baru yang hendak melangkahkan kakinya ke dunia studi yang baru. Akhir kata dari saya “Do little thing, get high result”

Semoga Bermanfaat!

 

Sumber : Kompasiana

 

Tinggalkan Komentar